Friday, December 28, 2007

Diawali dengan keisengannya 'bermain' di KA jurusan Jakarta-Surabaya tahun 1995. Kini Faisol, Pegawai Departemen Keuangan akhirnya bisa menghasilkan suatu rekor atas prestasinya membuat bujur sangkar (Numerical Magic Square) dan (Numerical Macrocosmos Magis Cube). Rekor yang dibuat pegawai Direktorat Perbendaharaan Keuangan Negara ini konon menumbangkan rekor kubus terbanyak dunia milik seorang Profesor Jepang, Nakamura.


Bujur sangkar yang dibuat Faisol berukuran 75x75 cm atau sama dengan 562 kotak kecil. Kubusnya berukuran 25x25x25 cm atau terdiri dari 15625 kubus kecil. Jika angka yang tertulis di kotak itu di jumlah secara garis lurus, vertika, horizontal; maupun diagonal akan menghasilkan jumlah yang sama. Dan yang lebih unik nya lagi, bila bujur sangkar-bujur sangkar itu diputar pada porosnya, angka yang berbeda pada tiap bujur sangkar bila di jumlah akan tetap sama. KEREN!

Lengkapnya baca di Majalah Berita Pajak Vol XL No. 1600, 1 Desember 2007.

2 comments:

irrrr said...

waahh
gangerti
maksudnya kubus yang gimana ndhi ??
wah, besok berita pajak kasi gw, gw 'embat' deh...

ahahhaha...

Gandhi Anwar said...

yah yang gitu we lah pokoke... makanya kalau naek kereta apai iseng aja.. isengin petugas ke.. atau isengin penumpang juga ga apa".. ha8x.. :d