Saturday, February 7, 2009

Ga ada cerita greget dalam hidupku akhir-akhir ini. Sudah lebih dari 4 tahun hidupku hanya sebatas hidup yang biasa. Tak ada lagi obsesi, tak ada lagi mimpi. Semua kujalani layaknya aliran air yang sudah pasti bermuara di hilir. Datar... Tak ada riak, tak ada gelombang semangat disana. Karena hidupku hanya hidup sederhana tanpa obsesi dan rencana. Menyedihkan memang. Dan ini kualami semenjak 4-5 tahun silam, tepat semenjak kegagalan yang bertubi dalam prestasi belajarku. [Gagal OSN Balikpapan, UMPTN, Nanyang, Monbukagakusho...]


Dan 'hidup datar'ku selama ini, telah membawa pada titik jenuh kebosanan yang teramat sangat saat ini. Sikap nrimo yang dulu ku kukuhkan dalam hati sebagai penawar kegagalan yang bertubi adalah salah bila harus ditelan utuh tanpa pemikiran yang panjang. Nrimo kegagalan bukanlah sebuah pembenaran untuk tidak lagi menaruh mimpi dalam hidup. Aku telah melakukan kesalahan besar selama ini.

Karena seyogyanya kegagalan adalah titik tolak untuk lebih baik dalam menyusun rencana, memetakan serta menentukan tindakan masa depan yang tepat dengan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia. Sehingga tak lagi ada 'inefisiesi hidup'. Bukan malah sebaliknya, sikap nrimo menjadi alibi untuk berhenti berkarya.

Jiaaah! Semoga percikan semangat itu masih ada dan bisa melahirkan obsesi-obsesi baru untuk berkarya. Rencanakan, petakan, tentukan, dan lakukan! SEMANGAT!!!! :)

1 comments:

dianis said...

oii gandhi,,km masih ngambek yah?
maaf doong, yah..
yah..
yah..
yah..