Wednesday, March 12, 2008

Posting apa ya. Bingung. Tapi pengen posting da. Oke ini aja. (Yang mana?) Makanya lanjutin bacanya sampai selesai wokeh? Hi8x...

Kejadian ini selalu terjadi pas mau solat berjamaah. Tau ga kalau salat berjamaah memiliki keutamaan dan pahala yang besar. Izinkan saya untuk mengutip salah satu hadist terkait dengan ini (Kalau salah tolong koreksi):
"Dari Ibnu Umar radhiallaahu anhuma , bahwasanya Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda, 'Shalat berjama'ah dua puluh tujuh kali lebih utama daripada shalat sendirian." (Muttafaq 'alaih)

Lantas kenapa kita terkadang selalu ogah-ogahan untuk menunaikan salat berjamaah? Apa lagi Isya dan Subuh. (Masalah satu)

Selain hal di atas, terkadang tat kala kita melakukan salat berjamaah satu hal yang agak susah untuk mengaturnya adalah Saf dalam salat! Karena diperlukan koordinasi dengan jemaah lainnya. Kalau engga? Ya jangan berharap saf itu rapat dan lurus. :)

Pernah suatu ketika, Imam telah mengingatkan jemaahnya untuk merapatkan dan meluruskan saf dalam salatnya. Tidak diingatkan pun seharusnya kita udah sadar diri kalau itu 'wajib' dilakukan oleh semua jemaah. Tapi ya wong jemaahnya hanya TAHU tapi TIDAK SADAR, ya susah. Saya yakin kalau jemaah di samping saya itu tahu kalau safnya harus lurus dan rapat. Tahu juga kalau di bawah sana ada 'batas' kaki untuk berpijak agar saf kita menjadi rapat dan lurus. Malah Jemaah disamping saya pun sempat melihat ke bawah dulu sebelum memulai salat. Tapi ko tetep 'bikin saf sendiri' ya? (a.k.a safna teu rapih). Lantas apa yang beliau lihat di bawah ketika sebelum mendirikan salat?

Diingatkan saja masih ga rapih, apa lagi kalau tidak diingatkan ya? Ini juga pernah terjadi lho, dan parahnya lagi pas Salat Ied. Whuaaaah. Safnya jadi kacau balau karena Imam lupa mengingatkan. Hi8x...

Ternyata, akan sangat susah seseorang melakukan sesuatu (apalagi tekait dengan pelaksanaan suatu sistem rumit) kalau hanya sekedar TAHU, tidak SADAR. SADAR dong saudara! :)

1 comments:

Anonymous said...

http://sidewalkharmony.com/post/index.php/topic,7950.0.html
http://darks.in/temp//viewtopic.php?p=21250
http://www.alveolitishelp.com/phpBB3/viewtopic.php?f=14&t=47086&p=69473